10 Kota Ramah Turis 2022 yang Menarik Dikunjungi, Salah Satunya Ada di Indonesia

by -2 views
10-kota-ramah-turis-2022-yang-menarik-dikunjungi,-salah-satunya-ada-di-indonesia

Beragam pertimbangan menjadi perhatian pelancong ketika akan mengunjungi suatu tempat. Kota dengan pemandangan yang indah, kuliner menggoyang lidah, dan udaranya sejuk sangat menggoda. Ada satu aspek yang sebaiknya tidak terlewatkan, yaitu kota ramah turis.

Sebuah online travel agent, merilis daftar kota paling ramah untuk dikunjungi wisatawan 2022 atau Most Welcoming Cities on Earth for 2022.

Sesuai namanya, kota ini tentunya friendly dan akan menyambut hangat wisatawan yang datang dari jauh. Seluruh kota yang ada dalam daftar telah dipilih seksama dan selalu mendapatkan ulasan positif. Penasaran apa saja?

10 Kota Ramah Turis 2022 Wajib Dikunjungi
1. Matera, Italia

Sumber: LA Times

Di urutan awal ada Matera, kota di Italia Selatan yang banyak menjadi destinasi liburan pilihan. Matera telah banyak menjadi latar syuting film keren seperti James Bond No Time to Die, Quantum of Solace, dan Wonder Woman. 

Matera yang sejatinya merupakan pemukiman tertua ketiga di didunia setelah Aleppo dan Jericho memiliki daya tarik luar biasa untuk pengunjungnya. Sejarah, kuliner, arsitektur, dan panoramanya membuat pengunjung jatuh cinta.

Kota ini didominasi oleh karakteristik batunya yang unik dan goa-goa alam yang telah digali dan diperluas selama 1.000 tahun terakhir. Tidak heran, keberadaannya diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1993 silam. Bisa-bisa isi kamera penuh selama berkunjung ke kota ini ya, Parents!

Artikel terkait: Cocok untuk Keluarga, 7 Ide Penginapan di Sentul dengan View Memukau

2. Bled, Slovenia

Sumber: Sofia Adventures

Bled di Slovenia menawarkan panorama danau dengan nama yang sama. Bagi Anda pecinta wisata alam cocok untuk bertandang. Latar alam yang indah akan menemani hiking, olahraga air, atau bersepeda semakin berkesan.

Memiliki rangkaian gunung dan perbukitan Julian Alps, Bled telah lama menerapkan praktik pariwisata berkelanjutan. Sehingga, pejalan tidak perlu khawatir berlibur akan mengabaikan lingkungan.

Kearifan lokal juga bisa dijajaki selama berkunjung, salah satunya menyantap kudapan tradisional khas Slovenia diiringi musik dan tariannya yang eksotis. Setelahnya, bakar kalori dengan mengunjungi Kastil Bled dan benteng tuanya yang tak lekang dimakan waktu.

3. Taitung, Taiwan

Sumber: Archdaily

Mari bertolak ke Asia, karena ada Taitung di Taiwan yang akan menyambut siapa saja yang berkunjung dengan hangat. Memiliki iklim tropis sepanjang tahun, kita yang berasal dari Indonesia tidak akan kaget ketika berwisata.

Salah satu panorama yang patut dilihat adalah Liyushan atau dikenal sebagai Gunung Ikan Mas. Taitung juga merupakan surga bagi para pecinta kuliner. Jangan lupa mengeksplorasi Pasar Malam Taitung, gerai kaki lima akan memanjakan perut Anda.

Artikel terkait: Ini Dia 7 Tempat yang Asyik di Karimunjawa yang Wajib Banget Dikunjungi

4. Nafplio, Yunani

Sumber: Medium

Ingin merasakan nuansa berbeda, maka Nafplio di bagian timur Semenanjung Peloponnesian wajib menjadi travel list berikutnya. Berjarak sekitar dua jam dari sebelah barat Athena atau Ibu Kota Yunani, Nafplio menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menghindari kerumunan wisatawan.

Tidak hanya itu, Nafplio juga menawarkan arsitektur dan situs bersejarah untuk dijelajahi. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah mendaki ke Kastel Palamidi untuk melihat pemandangan pelabuhan kota. 

5. Toledo, Spanyol

Mendambakan jalan-jalan santai tanpa diburu waktu, cobalah mengunjungi Toledo di bagian tengah Spanyol. Ditempuh dengan kereta api sekitar setengah jam dari Madrid, Anda akan menikmati wisata dan penduduknya yang santai. 

Jangan khawatir, Toledo terkenal akan tingkat toleransi yang tinggi. Terbukti berbagai komunitas tua telah hidup berdampingan berabad-abad lamanya. Selama bulan Mei dan Juni, Katedral Toledo akan dihiasi dengan permadani untuk merayakan pesta Corpus Christi yang sayang untuk dilewatkan.

6. Monte Verde, Brasil

Sumber: id. hotels

Dijuluki “Swiss dari Brasil”, Monte Verde merupakan desa kecil dengan gaya dan suasana Eropa yang khas. Kota kuno ini ideal untuk wisatawan atau pencinta alam yang ingin mendaki gunung.

Terletak di pegunungan Serra da Mantiqueira, daerah ini dipenuhi hutan yang menjadi rumah berbagai jenis satwa liar, terutama burung. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat burung nasar Urubu terbang bebas melintasi langit.

Artikel terkait: 13 Rekomendasi Tempat Wisata di Turki, Ada Ataturk Mausoleum dan Cappadocia!

7. Bruges, Belgia

Tak hanya Swiss-nya Brasil, Belgia juga punya Venesia dari Utara alias Bruges. Mengingat kotanya cukup kecil, Parents bisa menikmati seisi kota hanya dengan berjalan kaki.

Sepanjang jalan, lensa kamera Anda pasti akan sibuk memotret jalanan berbatu dan bangunan bersejarah yang kokoh. Tak heran, seluruh pusat kotanya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pengunjung kota ini dapat menikmati pemandangan sambil berjalan-jalan tanpa tujuan atau naik perahu. Ingin merasakan kuliner paling ikonik, jangan sampai lupa mengikuti tur Beer and Chocolate Pairing Tour.

8. Nusa Lembongan, Indonesia

Sumber: Advontura

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya, masyarakat dunia terhipnotis dengan keindahannya. Di daftar ini, Nusa Lembongan di Bali terpilih sebagai kota ramah turis.

Setiap tahunnya, Nusa Lembongan akan dipadati para peselancar yang ingin bercengkrama dengan ombak lautnya. Ingin santai sedikit, pelancong dapat menikmati snorkeling atau naik kayak untuk menikmati hari di Bali.

9. Ponta Delgada, Azores, Portugal

Sumber: Avrex Travel

Ponta Delgada, Ibu Kota kepulauan Azores di Portugal sangat terkenal akan sumber air panas. Berkunjung kesini, wisatawan akan menemukan jalan sempit berliku. Setiap jalan akan ditemukan restoran dan arsitektur unik berupa rumah bercat putih.

Anda juga bisa berjalan di sepanjang Serra Devassa Walk. Rutenya adalah mengelilingi gunung berapi dan danau yang dapat dijadikan spot berfoto menarik. Kota ini cukup kecil, Anda bisa menapaki setiap sudut dengan berjalan kaki.

10. Hoi An, Vietnam

Sumber: Asian Wanderlust

Kembali ke Asia, ada Hoi An yang juga menyandang status kota yang ramah turis. Kota ini memiliki pantai berpasir putih dan kota tua yang kaya sejarah. Berkat pengaruh Tiongkok dan Prancis yang kuat, nuansa Eropa terasa bahkan ke dalam kuliner setempat.

Untuk merasakan Hoi An dan kehidupan setempat yang otentik, wisatawan dapat mengikuti tur bersepeda dengan pemandu untuk mengunjungi perajin. Wisatawan akan belajar beragam hal, mulai dari melempar tembikar dan membuat tikar tradisional, hingga membuat mi dan mengukir kayu. Sungguh berkesan!

Dari deretan kota ramah turis ini, adakah yang paling ingin Parents kunjungi?

***

10 Ide Tempat Honeymoon Mewah Nan Romantis, Dijamin Enggan Pulang

8 Tempat Wisata Romantis di Yogyakarta yang Cocok Dikunjungi Bersama Pasangan

Mengintip 15 Tempat Wisata di Kota Pohang, Tempat Syuting Drakor HomCha

Leave a Reply

Your email address will not be published.