10 Karakter Superhero Indonesia, Punya Kemampuan Sakti Mandraguna

by -4 views
10-karakter-superhero-indonesia,-punya-kemampuan-sakti-mandraguna

Tidak hanya Marvel atau DC saja yang bisa menciptakan superhero nih, Parents. Indonesia pun juga memiliki karakter superhero yang sangat kuat dan tak kalah keren. Lantas, ada apa saja sih karakter superhero Indonesia ini?

Film dan komik superhero memang menjadi salah satu genre yang paling disukai oleh banyak orang. Pada umumnya, genre ini selalu menceritakan seorang pahlawan yang memiliki kekuatan super yang bertugas untuk melindungi dunia dari serangan orang jahat.

Begitu pula dengan superhero Indonesia, mereka juga dibekali dengan kekuatan super. Selain itu, kebanyakan dari mereka dibuat oleh para komikus legendaris kelahiran Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika penampilan para pahlawan super ini sangat kental dengan nuansa khas Nusantara.

Kalau Amerika punya Marvel dan DC untuk menampilkan karakter superheronya, maka Indonesia juga punya Bumilangit Cinematic Universe yang menayangkan kisah-kisah superhero asli Indonesia. Ada apa saja sih karakternya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

10 Karakter Superhero Indonesia
1. Carog – Ilmu Sihir

Karakter Carog pertama kali diperkenalkan pada 1996 oleh komikus Ahmad Thoriq. Dikisahkan Carog merupakan seorang supir taksi biasa yang bernama Ongko. Namun suatu saat, dia mengalami kejadian yang tidak terduga yang membuatnya berakhir dengan memiliki kekuatan super.

Dalam menjalankan aksinya, Carog selalu membawa dua bilah celurit panjang. Dua benda itu bukanlah benda sembarangan, pasalnya di dalamnya terdapat kekuatan sakti.

Tidak hanya itu, dia juga menguasai ilmu bela diri dan memiliki kemampuan ilmu sihir yang membantunya mengalahkan para musuhnya, khususnya Si Bengis dan SI Tangan Empat.

Artikel Terkait: Pencinta Film Wajib Tahu, 10 Superhero Marvel dari Inggris yang Tak Kalah Keren!

2. Maza – Alter Ego

Berikutnya adalah Maza, superhero buatan komikus Hasmi. Superhero satu ini diceritakan memiliki alter ego atau sosok lain dalam dirinya yang bernama Kanigara. Dia mendapatkan kekuatan supernya dari kuas lukis dengan cincin ajaib di gagangnya.

Kalau Carog memiliki dua bilah celurit panjang, Maza sang pembela kebenaran juga memiliki kuas lukis yang akan berubah menjadi belati andalan.

Sama seperti pahlawan super lainnya, Maza juga memiliki musuh utama, yakni penyihir Rahczor yang meminta tebusan tengkorak harimau putih bertanduk tiga.

Dalam cerita di komiknya, saat dia menemukan tengkorak tersebut, penyihir Rahczor justru mengeluarkan berbagai monster untuk melawan sang pembela kebenaran itu. Namun tenang saja, Maza tidak sendirian karena ia dibantu oleh Jin Karubi.

3. Sembrani – Mengendalikan Medan Magnet dan Listrik

Masih buatan komikus Hasmi, Sembrani adalah karakter pahlawan yang tampil pertama kali pada cerita berjudul 1000 Pendekar yang terbit pada 1974.

Dalam cerita tersebut, Sembrani diketahui memiliki kekuatan yang tidak kalah unik. Dia memiliki kekuatan untuk mengendalikan medan magnet, listri, dan racun, serta memiliki kemampuan untuk terbang.

Sebelum menjadi pahlawan bernama Sembrani, dia adalah seorang pria biasa bernama Tangguh. Ia kemudian mendapatkan kekuatannya langsung dari panglima perang luar angkasa bernama Otohrb, yang terdampar di Pegunungan Dieng melalui sebuah kalung ajaib.

Artikel Terkait: 12 Rekomendasi Serial Superhero Marvel Seru, WandaVision hingga Moon Knight

4. Gundala – Putra Petir

Gundala merupakan karakter superhero Indonesia berikutnya yang berawal dari komik Gundala Putra Petir. Dia menjadi salah satu karakter superhero Indonesia yang paling populer.

Bahkan karakter ini sudah diangkat ke layar lebar sebanyak dua kali. Gundala sendiri hadir di layar lebar pertama pada tahun 1981 dan yang terakhir pada tahun 2019 lalu.

Pahlawan super yang satu ini awalnya adalah seorang ilmuwan biasa bernama Sancaka. Namun suatu ketika, dia tersambar petir dan berakhir koma. Siapa sangka, ternyata dari kejadian tersebut, Sancaka justru mendapatkan kekuatan dari Kaisar Kronz dan Raja Taifun.

Dia pun dikenal karena memiliki kekuatan super yang dapat mengeluarkan petir dari kedua telapak tangannya. Dalam film karya sutradara Joko Anwar, karakter Gundala diperankan oleh aktor ternama Indonesia, Abimana Aryasatya.

5. Merpati – Terbang dan Mendeteksi Arah

Selanjutnya adalah Merpati, karakter superhero yang diciptakan oleh komikus Hasmi pada tahun 1977. Superhero ini memiliki kekuatan super yang bisa mendeteksi arah dan kemampuan untuk terbang.

Sama seperti pahlawan super lainnya, Merpati hanyalah nama samaran. Dia sebenarnya adalah seorang perempuan bernama asli Sedhah Esti Wulan. Selain itu, dia adalah istri dari Gundala, Parents.

Sebelumnya, keduanya tidak mengetahui identitas masing-masing, dan baru mengetahuinya setelah mereka menikah. Sama seperti Gundala, karakter ini juga sempat ditayangkan di layar lebar. Dalam film yang disutradarai Joko Anwar itu, karakter Merpati diperankan oleh Tara Basro.

Artikel Terkait: Fakta dan Sinopsis Serial Ms Marvel, Superhero Muslim Pertama di MCU!

6. Sri Asih – Menggandakan Diri 

Sri Asih adalah superhero wanita yang dibuat oleh Bapak Komik Indonesia, R.A. Kosasih yang terkenal sejak tahun 1954. Karakter Sri Asih diceritakan memiliki kekuatan super yang luar biasa. Salah satunya adalah kekuatan bela diri setara 250 pria dewasa hanya dengan mengucapkan satu mantra, “Dewi Asih”.

Selain itu, perempuan dengan nama asli Nani Wijaya ini juga memiliki kemampuan untuk terbang, menggandakan diri, membesarkan tubuhnya, serta kebal terhadap serangan. Sungguh menakjubkan, bukan?

Dalam film yang disutradarai Joko Anwar, karakter Sri Asih diperankan oleh Pevita Pearce.

7. Pangeran Mlaar – Tubuh yang Elastis

Nah, kalau ini Pangeran Mlarr, karakter superhero yang berasal dari luar angkasa. Masih buatan komikus Hasmi, Pangeran Mlarr adalah putra mahkota dari kerajaan di planet Covox yang melarikan diri setelah mengetahui sang ayah terbunuh. Musuh utama dari karakter ini adalah Menteri Telern dan Putri Kepala Perak.

Pahlawan satu ini hadir pertama kali pada seri Gundala: Perhitungan di Planet Covox yang terbit pada tahun 1969 silam. Sama seperti namanya, dia memiliki kekuatan super, yaitu tubuh yang sangat elastis. 

8. Tira – Alter Ego dan Kemampuan Bela Diri

Berikutnya adalah karakter superhero perempuan bernama Tira yang juga memiliki alter ego. Alter ego milik Tira bernama Susie. 

Pada awalnya, Tira hanyalah seorang mahasiswi yang memiliki kemampuan bela diri yang sangat hebat. Namun kemudian berubah menjadi pahlawan super. Dia pun bersumpah untuk melawan kejahatan dan ketidakadilan yang ada di bumi.

Selain itu, dia juga memiliki teknologi canggih dalam kostumnya, lho. Mirip Tony Stark dari The Avengers, ya?

9. Godam – Kebal dan Bisa Terbang

Jika Anda lihat sekilas, Anda mungkin akan mengira Godam adalah Superman. Hal itu wajar sekali dikarenakan penampilan keduanya yang sangat mirip, dari segi kostum hingga postur tubuhnya.

Namun, Godam adalah karakter superhero buatan orang Indonesia bernama Widodo Noor Slamet yang pertama kali terbit pada tahun 1969 silam.

Pada awalnya, Godam merupakan pria biasa bernama Awang yang mendapatkan kekuatan dari cincin ajaib pemberian Bapak Kebenaran. Dia diketahui sangat kuat dan kebal terhadap serangan apa pun, serta bisa terbang. Karakter ini juga muncul di film Gundala terbaru, lho.

10. Wiro Sableng – Menguasai Ilmu Bela Diri

Hampir seluruh orang di Indonesia pasti mengenal sosok Wiro Sableng, seorang pahlawan super yang dibuat oleh Bastian Tito pada tahun 1989. Wiro Sableng sendiri diketahui sangat menguasai ilmu bela diri. 

Dengan menggunakan Kapak Maut Naga Geni 212, Wiro Sableng menjalankan aksinya dalam melawan kejahatan. Tak jarang, dia juga disebut sebagai Pendekar 212 karena senjata andalannya tersebut.

Wiro Sableng pun sempat ditayangkan di layar lebar pada tahun 2018 dan diperankan oleh Vino G. Bastian, yang merupakan anak dari pembuatnya, lho.

Nah, demikianlah daftar karakter superhero Indonesia. Ada yang Parents suka, nggak?

***

Tayang Perdana di Disney+, Intip Sinopsis Film Superhero Marvel Eternals dan Fakta Menariknya!

Parents Suka Superhero? Ini 8 Film Marvel Terbaik untuk Ditonton Saat Liburan

5 Film Superhero yang Sebaiknya Tidak Ditonton Anak-anak

10 Superhero Asli Indonesia, Nggak Kalah dari The Avengers!
https://jalantikus.com/hiburan/superhero-asli-indonesia/
10 Tokoh Komik Superhero Indonesia Ini Gak Kalah Kuat dari Superhero Barat
https://duniagames.co.id/discover/article/10-tokoh-komik-superhero-indonesia-ini-gak-kalah-kuat-dari-superhero-barat
Layaknya Marvel’s ini 10 Superhero Indonesia yang terkenal
https://www.viva.co.id/showbiz/film/1450629-superhero-indonesia-terkenal

Leave a Reply

Your email address will not be published.