10 Jembatan Terpanjang di Dunia, Pemandangannya Menakjubkan!

by -6 views
10-jembatan-terpanjang-di-dunia,-pemandangannya-menakjubkan!

Jembatan terpanjang di dunia hasil buah tangan arsitektur yang tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya sekadar sebagai penghubung antara dua tempat, jembatan juga berfungsi sebagai landmark suatu daerah dengan pemandangan yang menakjubkan. Sejak dahulu, jembatan merupakan sarana penting dalam perekonomian manusia.

Sebab, dengan adanya kembatan, mobilitas warga dan transaksi perdagangan pun menjadi lebih mudah. Dilansir dari Bridge Master Inc, Guiness Book of World Records telah mencatat beberapa jembatan dengan predikat terpanjang di dunia. Berikut ini 10 jembatan yang masuk dalam daftar tersebut.

Artikel terkait: 10 Potret Jembatan Kaca Terkeren di Dunia, Ada yang di Indonesia Lho!

1. Jembatan Besar Danyang-Kunshan, Tiongkok

Jembatan ini selesai dibangun pada 2010 lalu dan dibuka pada 2011. Sejak saat itu, jembatan ini memegang rekor sebagai jembatan terpanjang di dunia. Strukturnya luar biasa panjangnya, yakni sampai 102 mil atau 164 km. Jembatan ini merupakan jembatan rel yang menghubungkan Shanghai dan Nanjing di Provinsi Jiangsu, Tiongkok.

Jembatan ini dilewati kereta api berkecepatan tinggi yang melintasi Delta Sungai Yangtze dan merupakan satu dari empat jembatan Kereta Api terpanjang di dunia. Pembangunannya membutuhkan waktu empat tahun dan menelan biaya hingga 10 miliar dolar Amerika atau setara dengan 146 triliun rupiah.

Jika Parents melalui jembatan ini, Parents akan disuguhi berbagai pemandangan yang snagat menakjubkan, seperti hamparan sawah, kanal, sungai, dan danau. Perjalanan kereta api yang melalui jembatan ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan tentunya.

2. Jembatan Changhua–Kaohsiung, Tiongkok

Saat ini jembatan terpanjang kedua di dunia ditempati oleh jembatan Changhua-Kaohsiung yang juga berada di Tiongkok. Jembatan ini digunakan untuk melintasi jaringan Taiwan High Speed ​​Rail. Adapun panjang jembatan mencapai hampir 98 mil atau 157 km yang membentang dari Banguashan di Changhua ke Zuoying di Kaohsiung. 

Pembangunan jembatan Changhua-Kaohsiung dilakukan pada tahun 2007. Uniknya, desain yang dibuat untuk jembatan ini dirancang khusus agar tahan terhadap gempa bumi. Dengan demikian, kereta api yang melintasi pun akan berhenti secara aman apabila terjadi peristiwa seismik yang tidak terprediksi.

Artikel terkait: Jembatan Goyo Tak Kunjung Diperbaiki, Mahasiswi Ini Rela Jual Ginjal

3. Jembatan Besar Tianjin, Tiongkok

Masih dari Tiongkok, jembatan terpanjang ketiga di dunia adalah jembatan Besar Tianjin. Jembatan kereta api ini memiliki panjang lebih dari 70 mil atau 112 km dan membentang dari Langfang menuju Qingxian. Jembatan ini dilewati oleh Kereta Api Berkecepatan Tinggi Beijing-Shanghai.

Pembangunan jembatan ini dilakukan selama empat tahun dan selesai pada tahun 2010. Jembatan Besar Tianjin disebut-sebut sebagai jembatan terindah dalam daftar ini karena memiliki struktur yang cukup unik. Jembatan ini terdiri dari berbagai rnagkaian balok-balok kotak yang memiliki panjang 100 kaki atau 30 meter dan berat 860 ton.

Balok dibuat di dua tempat di sepanjang rute jembatan. Setelah selesai dibuat, balok-balok tersebut dibawa ke tempat pemasangan, dan kemudian ditempatkan di dermaga yang sudah ada dengan derek khusus. 

4. Jembatan Besar Cangde, Tiongkok

Jembatan terpanjang keempat di dunia adalah jembatan Besar Cangde. Panjang jembatannya hampir 66 mil atau setara dengan 106 km dan memiliki total 3.092 dermaga. Rangkaian jembatan yang membawa jalur kereta api ini memangkas waktu tempuh melintasi Hong Kong, Makau, dan China daratan dari tiga jam menjadi hanya 30 menit.

Artikel terkait: 7 Tempat Instagramable di Yogyakarta yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

5. Jembatan Besar Weinan Weihe, Tiongkok

Jembatan Besar Weinan Weihe merupakan jembatan yang dilintasi Kereta Api Kecepatan Tinggi Zhengzhou-Xi’an. Panjang jembatan ini mencapai 50 mil atau setara dengan 80 km, melewatu Sungai Wei dua kali dan beberapa sungai lainnya, termasuk Sungai Ling, Sungai Luofu, Xi, dan Sungai Shi Di.

Jembatan ini sebenarnya sempat dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia untuk waktu yang singkat setelah selesai pada tahun 2008 dan dibuka pada tahun 2010. Namun, dengan cepat dikalahkan oleh jembatan lain yang selesai pada waktu yang sama.

Ada lebih dari 10.000 pekerja yang terlibat dalam pembangunannya dan membutuhkan bahan lebih dari 2,3 juta meter kubik beton dan 45.000 ton baja untuk merampungkannya.

6. Jalan Tol Bang Na, Thailand

Dengan panjang lebih dari 34 mil atau 54 km, ini adalah jembatan terpanjang keenam di dunia. Konstruksinya selesai pada awal tahun 2000, melintasi Sungai Bang Pakong dengan enam jalur yang dibangun di atasnya. Struktur yang digunakan merupakan struktur utilitarian, tetapi desain jalan raya di atas jalan raya membuatnya terlihat begitu unik.

Artikel terkait: Belajar Bersama Si Kecil, Ini 5 Gereja Tertua di Indonesia dan Sejarahnya

7. Jembatan Besar Beijing, Tiongkok

Dengan panjang kurang lebih 30 mil atau setara 48 km, jembatan ini menghubungkan dua pusat bisnis global, yakni Beijing dan Shanghai. Jembatan ini selesai pada tahun 2010 dan secara resmi dibuka untuk lalu lintas kereta api pada tahun 2011. Meskipun jalur kereta api meluas ke Shanghai, Beijing Grand Bridge berakhir di Langfang.

Ketika melewati jembatan ini, banyak berpikir bahwa ia akan melihat pemandangan seperti yang terlihat di film-film Hollywood ketika mereka melewatinya. Manfaat yang paling menonjol dari jembatan ini adalah bahwa ia membangun hubungan antara Delta Sungai Yangtze dan cincin ekonomi Bohai, sehingga meningkatkan perdagangan.

8. Danau Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat

Danau Pontchartrain Causeway adalah jembatan terpanjang di Amerika Serikat dan terpanjang kedelapan di dunia yang berada di atas air. Jalan lintas terdiri dari dua jembatan paralel yang melintasi Danau Pontchartrain di Louisiana selatan. Jembatan pertama sepanjang 24 mil atau 38 km dan selesai dibangun pad atahun 1956.

Kemudian, setelah lalu lintas di atasnya dinyatakan melebihi kapasitas, jembatan kedua pun dibuat dan dibuka sebagai lalu lintas umum pada tahun 1969. Jembatan ini memiliki konstruksi yang sangat kuat. Hal ini terbukti dengan masih kokohnya jembatan ini walau sudah dihantam banyak badai selama bertahun-tahun.

Artikel terkait: 9 Tempat Wisata Kanada yang Wajib Banget Anda Kunjungi

9. Jalur 1 (Metro Wuhan), Tiongkok

Jalur 1 Metro Wuhan bukanlah jembatan dalam pengertian tradisional. Ini sebenarnya adalah jembatan sistem metro berkelanjutan terpanjang di dunia. Seluruh jalur panjangnya hampir 24 mil atau 38 km dan memiliki 32 stasiun.

Ini membawa jalur kereta api ringan yang ditinggikan melalui Wuhan. Dibuka pada tahun 1995 dan mengalami renovasi pada tahun 2003. Jalur 1 adalah bagian dari sistem kereta api yang diperluas yang memudahkan orang untuk bepergian ke seluruh Wuhan.

10. Jembatan Rawa Manchac, Amerika Serikat

Jembatan Rawa Manchac adalah struktur jembatan beton kembar yang terletak di area Danau Pontchartrain di Louisiana. Dengan panjang hampir 23 mil atau setara dengan 37 km, jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang dibangun di atas air. Jembatan dibuka pada tahun 1979.

Tiang pancang harus didorong lebih dari 250 kaki di bawah rawa untuk membangunnya. Pada saat itu, biayanya 7 juta dolar Amerika serikat atau setara dengan 10,2 miliar rupiah dalam kurs saat ini per mil untuk menyelesaikannya. 

Demikian deretan jembatan terpanjang di dunia. Tiongkok memang menjadi negara yang paling banyak memiliki jembatan terpanjang dalam daftar. Hal ini tak mengherankan, sebab Tiongkok memang memiliki jumlah populasi yang begitu besar sehingga kemudahan mobilitas warga menjadi sesuatu yang cukup penting.

17 Negara Ramah Anak Wajib Kunjung, Tawarkan Atraksi Wisata Menarik

7 Universitas Terindah di Dunia, Bikin Betah Belajar di Kampus!

13 Universitas Termahal di Dunia, Biaya Kuliah Hampir Rp 1 Miliar

More

About Author: Feeds Agregator

Gravatar Image
Akun Feeds Agregator, Mesin pengepul info bermutu dari website dan blog favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published.