31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

10 Jajanan Tradisional yang Nikmat dan Sangat Digemari Masyarakat!

10 Jajanan Tradisional yang Nikmat dan Sangat Digemari Masyarakat!

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki kuliner lezat, pun termasuk jajanan pasar atau kue tradisional yang tersedia di berbagai daerah. Memang, hampir di setiap daerah Indonesia punya makanan dan jajanan khas yang tak boleh dilewatkan.

Rasa dan kelezatannya yang khas dari setiap daerah membuat kuliner Nusantara bisa sampai terkenal hingga penjuru dunia. Lantas, apa saja jajanan tradisional yang tak boleh dilewatkan? Inilah daftar kue-kue tradisional yang memanjakan lidah.

10 Jajanan Pasar atau Tradisional yang Banyak Digemari Masyarakat

Mulai dari nasi goreng, bakso, gado-gado, hingga rendang, menjadi hidangan yang banyak diburu turis mancanegara. Selain hidangan utama, banyak juga jajanan tradisional Indonesia yang juga menarik minat para wisatawan luar negeri saat berkunjung ke Indonesia.

Nah, beberapa camilan khas Nusantara ini tidak hanya bikin lidah Anda ketagihan, tetapi juga jadi buruan para turis luar negeri yang berkunjung ke Indonesia.

Inilah kue-kue tradisional yang menjadi jajanan paling banyak diburu.

1. Kue Lumpur

Penganan ringan ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang banyak ditemui di pasar-pasar tradisional hingga pusat perbelanjaan modern. Jajanan ini terbuat dari santan, kentang, tepung terigu, dan telur.

Sebagai penambah rasa, ditambahkan perasa vanila serta kismis atau kurma sebagai topping di atasnya. Tektur dari kue lumpur ini kenyal dan lembut serta rasanya manis. Sangat cocok disajikan dengan teh hangat.

Artikel terkait: 5 Aneka Resep Mi Ongklok Khas Wonosobo yang Lezat Disantap, Mau Coba?

2. Onde-Onde, Jajanan Pasar yang Melegenda

Perpaduan rasa gurih, manis, dan asin yang sempurna membuat camilan ini banyak digemari semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Jenis jajanan tradisional ini terbuat dari adonan tepung ketan yang ditaburi dengan biji wijen. 

Bagian dalamnya diisi dengan pasta kacang hijau, cokelat, ataupun keju, sesuai dengan selera. Untuk menambah dan menarik peminat, onde-onde zaman sekarang sudah bervariasi dengan berbagai warna.

Onde-onde bisa Parents temui dalam berbagai ukuran serta tekstur. Camilan ini akan lebih dinikmat disantap saat masih hangat.

3. Serabi, Jajanan Pasar yang Banyak Disukai Masyarakat

Ada berbagai macam serabi yang dapat Anda coba. Semuanya sama-sama lezat!

Jajanan tradisional yang satu ini banyak jenisnya yang dikenal di Indonesia. Ada pula yang menjajakan serabi atau surabi, dengan rasa manis serta gurih.

Camilan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan ini dipanggang menggunakan wajan besi kecil berbentuk cekung di atas arang atau bara api.

Bagian bawahnya yang terkena kontak langsung dengan api akan bertekstur renyah. Sementara itu, bagian atasnya berwarna putih.

Serabi asin biasanya lebih tebal, dan dihidangkan dengan kelapa parut atau tumisan oncom jika di daerah Jawa Barat. Sedangkan serabi manis, dibuat lebih kecil dan dihidangkan dengan kuah kinca. Ada juga serabi Solo, biasanya dibuat lebih tipis dengan berbagai topping manis seperti pisang, keju, hingga cokelat.

4. Klepon

Camilan tradisional satu ini sudah banyak disajikan di restoran-restoran dan kafe papan atas sebagai teman high-tea. Bahkan di hotel berbintang pun camilan ini sudah bisa ditemui.

Bentuknya bulat dengan tekstur kenyal, diberi taburan kelapa parut dan isi gula jawa cair. Ledakan rasa manis akan memenuhi rongga mulut saat menggigit dan melumatnya. Menjadikannya dijuluki volcano-nya Indonesia.

5. Kue Cucur

Jenis jajanan tradisional satu ini bentuknya memang tampak tidak menggiurkan. Namun jangan salah, sekali menggigitnya, Anda bakal ketagihan. Rasanya manis dan kenyal, tetapi bagian dalamnya empuk seta berongga.

Di beberapa daerah, cucur merupakan jajanan yang dihidangkan untuk merayakan sesuatu atau dalam acara hajatan.

6. Getuk

Di daerah Jawa, ada banyak macam getuk yang dijual sebagai jajanan pasar. Mulai dari getuk lindri, getuk gulung, hingga getuk trio. Namun semuanya memiliki bahan dasar yang sama, yaitu singkong yang dikukus lalu dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digulung.

Ada getuk yang dibuat seperti mi yang dipotong-potong kotak, atau ada yang dipadatkan hingga berbentuk persegi. Jajanan ini dihidangkan dengan taburan parutan kelapa atau bisa dengan dituangkan gula merah.

Artikel terkait: 30 Rempah Indonesia yang Selalu Ada dalam Bumbu Masakan Nusantara

7. Putu Mayang

Jenis jajanan tradisional satu ini tergolong ke dalam kue basah. Biasanya dihidangkan pada acara-acara perayaan seperti pernikahan ataupun acara adat lainnya. Kue ini terbuat dari olahan tepung beras lalu diberi pewarna dan dibuat seperti gulungan mi.

Putu mayang biasa dinikmati dengan siraman kuah santan dan kinca (saus manis berasal dari gula Jawa yang dicairkan). Teksturnya kenyal dan lembut, perpaduan rasa gurih dan manis akan meleleh di mulut.

8. Kue Pancong, Jajanan Pasar yang Terkenal hingga Sekarang

Pancong, salah satu jajanan tradisional yang banyak disukai orang dan terkenal hingga sekarang.

Jajanan khas Betawi ini akan banyak dijumpai di daerah Ibu Kota Jakarta. Banyak pedagang kaki lima yang menjajakan jajanan gurih ini.

Bahkan zaman sekarang, kue pancong sudah sangat bervariasi bentuk dan rasanya. Kue pancong selalu dihidangkan fresh dan dimasak langsung di hadapan Anda saat memesannya

Salah satu jajanan tradisional Indonesia ini memang lebih nikmat jika dinikmati dalam kondisi hangat. Terbuat dari tepung beras yang dicampur santan, adonan ini dipanggang di sebuah cetakan berbentuk khas. Saat matang, Anda bisa menaburinya dengan gula untuk mengimbangi rasa gurihnya.

Tak hanya di Jakarta, kue pancong pun banyak dijajakan di Kota Kembang, Bandung, Jawa Barat. Namun dalam bahasa Sunda, kue pancong disebut dengan bandros. Cara dan bahan pembuatannya pun sama, bahkan cara menikmatinya juga sama. Hanya penamaannya yang berbeda.

9. Lupis

Jajanan khas yang banyak dijual di Jawa ini kadang dijadikan pengganti sarapan karena cukup mengenyangkan. Cocok buat Anda yang buru-buru ke kantor, tetapi tidak sempat untuk menyantap sarapan pagi. Kue manis dan gurih ini terbuat dari beras ketan, tak heran kalau biasa dijadikan pengganti nasi.

Jajanan ini juga akan terasa nikmat bila dihidangkan dengan teh hangat. Duet sempurna untuk mengawali hari Anda sebelum berangkat ke kantor. 

10. Dodol, Jajanan Pasar yang Sering Dijadikan Buah Tangan

Ada banyak jenis dan sebutan untuk kue tradisional yang satu ini. Setiap daerah di Indonesia sepertinya punya dodol khas daerahnya masing-masing. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dodol lebih dikenal dengan sebutan jenang. Sementara dodol yang dibuat dari buah durian disebut lempok.

Bahan dasar yang digunakan sama, yaitu terbuat dari santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Ada pula yang ditambah berbagai rasa buah-buahan.

Dalam tradisi masyarakat Betawi, dodol merupakan hidangan khas yang harus ada di acara hajatan ataupun acara adat lainnya.

Artikel terkait: 3 Fakta Unik dan Resep Colenak, Makanan Khas Bandung yang Menggugah Selera!

Parents, itulah jajanan pasar atau tradisional dari berbagai negara Indonesia. Jika Anda sedang menyinggahi kota-kota tersebut, cobalah kulinernya dan jajanan tradisional yang akan buat Anda ketagihan.

Kehidupan Masyarakat Suku Asmat, Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

4 Jejak Sejarah dan Budaya Islam di Nusantara, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

Mengenal Calung, Alat Musik Tradisional yang Menghasilkan Harmoni Indah dan Khas

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles