28.8 C
Jakarta
Tuesday, May 24, 2022

Panduan Lengkap Tata Cara Wudhu

BincangSyariah.Com– Sahabat Bincang Syariah, kali...

Tata Cara Tahallul: Lengkap dengan Zikir dan Artinya

BincangSyariah.Com– Tahallul secara bahasa artinya adalah...

Berikut Tata Cara Shalat Tasbih

BincangSyariah.Com–  Sahabat Bincang Syariah yang...

10 Fakta Menarik Bunga Tulip, Aslinya Tidak Berasal dari Belanda

10 Fakta Menarik Bunga Tulip, Aslinya Tidak Berasal dari Belanda

Bunga tulip dikenal karena kecantikan bentuk kelopaknya yang berbentuk menyerupai cangkir. Bunga khas daerah empat musim ini juga memiliki warna-warni yang menawan.

Tulip yang sangat identik dengan negara Belanda disebut memiliki banyak keistimewaan. Bunga yang mekar selama musim semi di Negeri Kincir Angin ini ternyata menyimpan sederet fakta unik yang tidak banyak orang tahu.

10 Fakta Menarik tentang Bunga Tulip

Penasaran dengan fakta menarik dari bunga berkelopak cantik ini, simak penjelasan berikut ini.

Artikel terkait: 10 Jenis Tanaman Hias yang Tak Perlu Disiram Setiap Hari untuk Parents yang Sibuk

1. Mekar pada musim semi

Sumber: Pexels

Bunga tulip selalu mekar pada musim semi saat cuaca dingin beranjak menjadi hangat. Karena waktu mekarnya yang pasti, bunga ini pun menjadi simbol abadi datangnya musim semi.

Pada musim semi bunga ini akan dipanen. Ada tujuan khusus dilakukannya panen bunga ini yaitu agar umbi bisa tumbuh besar. Dari umbi tersebut akan tumbuh tunas baru yang akan menghasilkan bunga di tahun berikutnya.

2. Selain umbi, bisa dibudidayakan dengan biji

Bunga ini tak hanya bisa ditanam dengan umbinya. Ada pula biji yang bisa disemai untuk mendapatkan bunganya. Namun apabila menanam dengan biji, diperkirakan tanaman ini baru akan berbunga 5 hingga 7 tahun kemudian. Sedangkan jika dengan umbi bunga akan muncul dalam setahun sesuai dengan musimnya.

3. Ada ribuan varietas Bunga Tulip di seluruh dunia

Sumber: Pexels

Bunga ini ternyata tidak hanya terdiri dari satu atau dua jenis saja. Ada lebih dari 3.000 varietas bunga tulip di seluruh dunia baik yang dibudidayakan secara alami maupun secara genetik. Dari ribuan varietas itu, jenisnya diklasifikasikan ke dalam 150 spesies.

Artikel terkait: 10 Tanaman Hias Tahan Air yang akan Tetap Sehat di Musim Hujan

4. Ada bunga tulip yang hampir berwarna hitam sempurna

Jenis tulip Queen of The Night adalah salah satu varietas yang menarik. Hal ini karena varietas tersebut memiliki kelopak berwarna ungu tua mendekati hitam. Disebut menarik karena sangat jarang ada bunga berwarna hitam, apalagi warnanya hampir mendekati hitam sempurna.

5. Bukan berasal dari Belanda

Sumber: Pexels

Meski identik dengan Belanda, nyatanya tulip tidak berasal dari negara tersebut. Tulip yang merupakan famili Liliaceae atau keluarga bawang-bawangan justru berasal dari Asia Tengah, Turki, Iran, Kazakhstan, dan sekitarnya. 

Tulip menjadi populer di Eropa pada abad ke-15 dan mulai banyak dibudidayakan. Namun Tulip menjadi identik dengan Belanda karena kultivar terbanyak ada di negara tersebut.

6. Nama aslinya diambil dari bahasa Turki

Seperti negara asalnya, nama tanaman ini juga diambil dari dari bahasa Turki. Nama tulip diambil dari inspirasi nama kain yang dililit untuk menutup kepala. Oleh karenanya istilah ‘turban’ menjadi asal pengambilan nama tulip.

Artikel terkait: 9 Bunga dan Tanaman untuk Menyambut Imlek, Penuh Keberuntungan!

7. Awalnya hanya dua warna

Sumber: Pexels

Warna-warni kelopak tulip yang kita saksikan saat ini merupakan hasil dari persilangan. Awalnya bunga ini hanya berwarna merah dan kuning. Namun dari perpaduan genetiknya kini warna tulip menjadi berbeda-beda bahkan ada yang memiliki kombinasi warna. Tentunya hal ini membuat tulip menjadi semakin menarik

8. Kelopak bunga tulip berukuran simetris

Hampir semua varietas tulip memiliki keunikan ini pada kelopaknya. Ukuran kelopak tulip biasanya akan simetris. Bentuk dari kelopak dan ukuran akan memiliki keseragaman dalam satu batang bunganya.

9. Bunga yang bisa dimakan 

Sumber: Pexels

Tak hanya memiliki bentuk yang indah, bunga ini ternyata juga bisa dimakan. Pada masa Perang Dunia II banyak masyarakat yang kesulitan karena susah mendapat bahan makanan. Masyarakat akhirnya memanfaatkan bunga ini sebagai pengganti bawang. Bahkan tulip juga bisa diolah menjadi wine.

10. Jadi bunga dengan harga termahal

Pada masa lalu, tulip memang identik sebagai simbol kekayaan karena identik dengan kerajaan Belanda dan Ottoman yang kaya raya. Tulip juga pernah mencatat sejarah dengan menjadi bunga termahal. 

Hal ini terjadi pada tahun 1600-an di mana harganya melambung setara 10 kali penghasilan rata-rata pekerja. Sejak saat itu tulip selalu dikenal sebagai salah satu bunga dengan harga yang mahal hingga saat ini.

Nah, Parents yang menyukai bunga pasti juga penasaran apakah ada tulip yang bisa ditanam di Indonesia. Jawabannya ada, namun syaratnya tulip harus ditanam di dataran tinggi dengan suhu udara yang dingin. Apa Parents berniat untuk mencobanya?

****

6 Jenis Bunga Keladi Mahal, Memiliki Harga Fantastis tapi Banyak Diminati

Luar Biasa, Bunga-Bunga Unik ini Tampak Menyerupai Makhluk Hidup Lainnya

Mari Edukasi si Kecil, Ini 10 Bagian Bunga yang Bisa Diajarkan kepada Anak

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles