25.6 C
Jakarta
Tuesday, May 17, 2022

10 Cara Mix and Match Baju Muslim untuk Tampil Fashionable di Bulan Ramadan

10 Cara Mix and Match Baju Muslim untuk Tampil Fashionable di Bulan Ramadan

Bosan dengan baju muslim yang itu-itu saja? Cobalah beberapa tips dan cara mix and match baju muslim agar Bunda bisa tetap terlihat stylish meski dengan baju-baju lama.

Baju muslim bisa dikenakan oleh siapa saja, baik yang menggunakan hijab maupun yang tidak. Dalam balutan baju muslim, kita bisa tampil elegan jika dipadu padankan dengan busana dan aksesoris yang tepat.

Artikel Terkait: Modelnya Trendi, Ini 5 Baju Koko untuk Sambut Ramadan
10 Cara Mix and Match Baju Muslim
1. Gamis dan Cape

Sumber: The Hijab Stylist

Perpaduan gamis dan atasan model cape panjang seperti ini akan memberikan kesan elegan dan mewah, meskipun bahan yang kita gunakan sederhana. Mix and match baju muslim ini bisa Bunda gunakan untuk Idulfitri atau acara formal lainnya. Padukan dengan hijab berwarna senada dan headpiece jika ingin tampil lebih all-out lagi.

2. Mix and Match Dress Brukat

Sumber: Pinterest

Dress brukat memang kerap jadi pilihan untuk busana formal, misalnya menghadiri undangan atau event penting lainnya. Namun, ternyata dress brukat bisa saja dipakai untuk gaya yang lebih kasual. 

Padukan dress brukat dengan manset atau gamis jersey dan sepatu sneakers berwarna senada. Outfit ini bisa Bunda gunakan untuk sekadar hangout juga, lo.

3. Outerwear dan Celana Plisket

Sumber: Pintrerest

Ingin memakai dress model slit, tetapi memakai hijab? Tak perlu khawatir, slit dress bisa saja dipakai sebagai luaran atau outerwear. Bunda bisa memadukannya dengan gamis plisket ataupun celana kulot tipe high waist. Pastikan bahan slit dress adem digunakan sebagai outer agar Bunda tidak kepanasan memakainya bertumpuk-tumpuk.

4. Long Coat

Sumber: Pinterest

Tren long coat ala Korea ternyata juga bisa dipakai untuk baju muslim. Siapa sangka bahwa long coat akan sangat serasi jika dikenakan bersamaan dengan gamis jersey?

Pilihlah long coat berbahan ringan agar nyaman dikenakan, misalnya katun. Dengan memakai long coat, garis lekuk tubuh bisa tersamarkan dengan baik sesuai dengan syariat Islam.

Artikel Terkait: 7 Tutorial Hijab Pashmina yang Mudah dan Stylish, Kekinian Abis!
5. Legging dan Tunik

Sumber: Pinterest

Tunik adalah baju terusan yang memiliki panjang mulai dari pinggul hingga betis, sehingga kerap digunakan sebagai outfit para hijabers. Tunik sangat cocok dipadukan dengan celana model skinny atau legging.

Legging hitam bisa menjadi andalan Bunda untuk di-mix and match dengan motif atau warna apa saja. Pastikan untuk memiliki setidaknya satu di dalam lemari!

6. Luaran Model Kimono

Sumber: Fustany

Outer model kimono bisa digunakan untuk mix and match baju muslim yang Bunda miliki. Seperti contohnya outer kimono berwarna biru muda ini dikombinasikan dengan baju dan celana berwarna putih.

Untuk hijabnya, gunakan pashmina untuk mendapatkan kesan yang tidak terlalu formal dan tetap kasual. Outfit ini beserta paduan warnanya cocok untuk dijadikan busana hari Raya Idulfitri.

7. Earthy Tones

Sumber: Nurmelek

Jika berbicara mengenai tren fashion, warna-warna bumi alias earthy tones sedang naik daun. Bermainlah seputar warna cokelat, bisa warna cokelat tua, cokelat muda, hingga beige untuk baju muslim yang Bunda kenakan, hijab, tas, dan juga sepatu.

8. Mix and Match Kulot

Sumber: Hijab Keren

Celana kulot memang membuat kita nyaman untuk bergerak. Tak hanya itu celana kulot juga dapat dipadukan dengan mudah bersama atasan model apa saja, termasuk celana kulot jeans dan blouse ini.

Usahakan warnanya tidak terlalu kontras, kemudian tambahkan outer yang cukup panjang sebagai aksen pemanis.

Artikel Terkait: 7 Model Hijab yang Jadi Tren Jelang Ramadan, Bunda Suka yang Mana?
9. Baju Muslim Bermotif

Sumber: Amazon

Terkadang kita bingung bagaimana cara untuk memadukan baju muslim yang memiliki motif. Triknya adalah menggunakan hijab atau aksesori lainnya yang memiliki warna senada untuk menghindari kesan terlalu ramai.

10. Cara Mix and Match Baju Muslim Gamis

Sumber: Flashmode

Gamis sering kali memiliki model yang sederhana dan simpel, tetapi bukan berarti kita tidak bisa memadukannya dengan pakaian lain agar terlihat lebih fashionable. Gamis jersey polos bisa dikombinasikan dengan luaran yang memiliki aksen warna ungu senada seperti pada foto di atas.

Gunakan outer yang panjang agar terkesan ‘menyatu’ dengan gamis yang dikenakan. Jangan lupa pula untuk memilih hijab dengan warna senada seperti pashmina warna biru yang punya jenis kain flowy berikut ini.

Itulah beberapa cara mix and match baju muslim yang bisa Bunda ikuti untuk penampilan yang lebih fashionable di bulan Ramadan ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya.

7 OOTD hijab ala Zaskia Sungkar yang simpel tapi tetap cantik

10 Cara Memakai Hijab Segi Empat, Mudah dan Bikin Tampilan Makin Cantik

Ini dia inspirasi fashion hijab dari 5 selebgram, mana yang cocok untuk Bunda?

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles