10 Amalan Sederhana Ini Bisa jadi Penarik Rezeki, Yuk Simak di Sini!

by -2 views
10-amalan-sederhana-ini-bisa-jadi-penarik-rezeki,-yuk-simak-di-sini!

Hidup yang terasa lapang dan berkecukupan tentu menjadi dambaan setiap orang. Maka jangan heran, bahkan ada yang rela banting tulang dari pagi hingga pagi lagi demi memenuhi impian tersebut. Hanya saja, banyak yang tidak menyadari bahwa terdapat beberapa amalan penarik rezeki yang bisa memudahkan langkah kita menggapai keridhaan Ilahi.

Bekerja keras adalah hal yang baik, tentu Parents setuju. Namun, apa artinya kerja keras jika pada akhirnya kita jadi tak punya waktu untuk diri sendiri? Karena nyatanya, tak cuma fisik yang butuh diberi makan, tetapi juga batin.

10 Amalan Penarik Rezeki, Sudah Lakukan?

Amalan-amalan di bawah ini tak cuma mendatangkan rezeki, tetapi juga bisa menghadirkan kepuasan batin tersendiri. Apa saja?

1. Bertakwa dan Bertawakkal kepada Allah 

Amalan penarik rezeki yang pertama ialah bertakwa kepada Allah. Secara sederhana, takwa berarti menjaga hubungan baik dengan Allah. Yakni, dengan senantiasa menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Sedangkan bertawakkal maksudnya berserah diri. Di dalam Al Quran, Allah berfirman:

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

2. Memperbanyak Istighfar, Termasuk Amalan Penarik Rezeki

Amalan selanjutnya yang dapat menjadi sebab datangnya rezeki yaitu dengan memperbanyak istighfar. Sebab, Allah sangat cinta dengan hamba-Nya yang senantiasa bertaubat.

“Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula (di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

3. Shalat Duha, Ibadah yang Menarik Rezeki

Keutamaan ibadah sunnah yang satu ini disebutkan Rasulullah dalam sejumlah kesempatan. Berikut dua di antaranya.

“Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku yaitu shalat empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi sepanjang harimu.” (HR. Ahmad dan Abu Ya’la)

Dalam hadist lain disebutkan:

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya.” (HR. al-Hakim dan Thabrani)

Artikel terkait: 8 Amalan sunnah di bulan Ramadhan, sayang untuk dilewatkan

4. Berbakti kepada Orangtua

Berbakti kepada ayah dan ibu dapat mendatangkan keberkahan sekaligus memperlancar jalannya rezeki. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun pernah bersabda:

“Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada kedua orangtuanya dan hendaklah ia menyambung silaturahmi.” (HR. Ahmad)

5. Menjalin Silaturahmi, Salah Satu Amalan Penarik Rezeki

Meski terkesan sederhana, menjaga hubungan baik dengan orang lain juga bisa menjadi pintu pembuka rezeki. Dengan bersilaturrahmi maka akan terbuka banyak kesempatan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasul shallallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Bersedekah

Keutamaan orang yang senantiasa bersedekah juga disebutkan dalam Al Quran maupun hadist Rasulullah.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkankan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261)

7. Pandai Bersyukur, Termasuk Amalan Utama Penarik Rezeki

Hal ini berdasarkan firman Allah yang menyatakan:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’.” (QS. Ibrahim: 7).

Artikel terkait: 6 Amalan ibadah bagi perempuan haid di bulan suci Ramadhan, apa saja?

8. Menolong Orang Lain

Meringankan tangan untuk membantu orang lain juga termasuk amalan pembuka pintu rezeki.

“Orang yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. Dan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberi kegembiraan seorang mukmin, menghilangkan salah satu kesusahannya, membayarkan hutangnya, atau menghilangkan rasa laparnya. Dan aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya itu lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid Nabawi selama sebulan.” (HR ath-Thabrani)

9. Memberi Makan dan Minum kepada Binatang, Amalan Sederhana Penarik Rezeki

Tentang keutamaan memberi makan dan minum kepada binatang pernah disampaikan Rasulullah melalui sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. 

Pada suatu ketika, ada seorang laki-laki sedang berjalan melalui sebuah jalan, lalu dia merasa sangat kehausan. Dia pun menemukan sebuah sumur. Tentu saja, dia segera turun ke sumur itu untuk minum.

Setelah keluar dari sumur, lelaki tersebut melihat seekor anjing menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah karena kehausan. Orang itu berkata dalam hatinya: ‘Alangkah hausnya anjing itu, seperti yang baru aku alami.’

Ia kembali ke turun sumur. Kemudian ia menciduk air dengan sepatunya, dibawanya ke atas dan diminumkannya kepada anjing itu. Maka Allah berterima kasih kepada orang itu (diterima-Nya amalnya) dan diampuni-Nya dosanya.

Para sahabat lalu bertanya; ‘Ya, Rasulullah! Dapat pahalakah kami bila menyayangi hewan-hewan ini?’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menjawab: ‘Menyayangi setiap makhluk hidup adalah berpahala.’ (HR. Muslim)

10. Dzikir Pagi dan Petang

Membaca dzikir pagi dan petang juga termasuk amalan yang bisa mendatangkan rezeki. Betapa tidak, di dalamnya terkandung berbagai wirid dan doa yang mencakup semua permohonan kepada Allah. Salah satu di antaranya, doa berikut ini:

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rejeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

****

Nah, itulah 10 amalan penarik rezeki yang bisa Parents amalkan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

3 Waktu Mustajab Terkabulnya Doa Saat Ramadan, Jangan Sampai Terlewat!

Ingin Bahagiakan Orangtua, Ini Hal yang Dilakukan Dimas Ahmad ‘Kembaran’ Raffi Ahmad

Hukum Memelihara Anjing dalam Islam, Bolehkah?

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.