10 Amalan di Bulan Ramadan yang Diyakini Menjadi Penghapus Dosa

by -0 views
10-amalan-di-bulan-ramadan-yang-diyakini-menjadi-penghapus-dosa

Bulan Ramadan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Ibadah di bulan yang istimewa ini nilainya menjadi berlipat ganda. Kita juga mendapatkan pengampunan atas segala dosa yang diperbuat.

Cara untuk memperoleh ampunan tersebut ternyata tak sulit. Ada berbagai amalan harian yang bisa ditunaikan selama bulan Ramadan. Berikut 10 amalan penghapus dosa di bulan suci Ramadan.

1. Salat Lima Waktu

Sumber gambar: pesantrennuris.rating

Salat adalah ibadah wajib yang dilakukan setiap hari dan bukan hanya di bulan Ramadan. Ibadah ini dapat menghapus dosa besar dan kecil. Nabi Muhammad SAW bersabda, di antara salat lima waktu, hari Jumat dengan Jumat berikutnya, hingga Ramadan dan Ramadan selanjutnya ada waktu pengampunan dosa yang diberikan Allah SWT.

2. Puasa Ramadan

Sumber gambar: kaba12.com

Puasa adalah amalan wajib di bulan Ramadan. Di bulan ini, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa umat muslim yang pernah diperbuat di masa lalu. Dalam hadis riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang puasa Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

3. Salat Tarawih

Sumber gambar: streettimes.in

Salah satu ibadah sunah yang dilakukan umat Islam di bulan Ramadan adalah salat tarawih. Keutamaan ibadah ini adalah dapat menjadi penghapus dosa-dosa di masa lampau. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menunaikan qiyam Ramadan dengan keimanan dan mencari pahala dari Allah maka dosanya yang terdahulu akan diampuni.”

4. Salat Tahajud

Sumber gambar: aleniasenja.id

Bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan salat tahajud adalah ibadah yang sangat disukai Allah SWT. Waktu yang paling utama untuk menunaikan tahajud adalah sepertiga malam terakhir atau pukul 1 dini hari hingga 3 pagi. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, tahajud dapat menghapus berbagai kesalahan dan mencegah perbuatan dosa.

5. Salat Malam Lailatulqadar

Sumber gambar: pinterest.com

Lailatulqadar adalah malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Umat Islam dianjurkan untuk menunaikan salat malam pada Lailatulqadar. Seperti yang dianjurkan Rasulullah dalam hadis riwayat Bukhari, “Barang siapa melaksanakan salat pada (malam) Lailatulqadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

6. Perbanyak Zikir

Sumber gambar: mukisi.com

Selain dapat menentramkan hati, berzikir dapat menjadi sarana untuk menghapus dosa. Meskipun dosa-dosa tersebut sudah tak terhitung jumlahnya. Rasulullah bersabda, “Siapa yang mengucapkan Subhanallah wa Bihamdihi (Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya) sebanyak seratus kali, maka dihapuskan segala (dosa)-nya walaupun sebanyak buih di laut.”

7. Iktikaf

Sumber gambar: lokadata.id

Berdiam diri di masjid atau iktikaf harus disertai dengan niat semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Biasanya iktikaf menjadi sarana untuk intropeksi diri, menyadari kesalahan dan menjadi manusia yang lebih baik. Iktikaf dapat dilakukan setiap saat namun lebih dianjurkan di bulan Ramadan, terutama 10 hari terakhir.

8. Sedekah

Sumber gambar: nst.com

Salah satu ibadah sunah untuk menambah pahala dan menghapus dosa adalah bersedekah. Dalam hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” Sedekah juga memberikan manfaat yang besar bagi orang-orang yang membutuhkan.

9. Zakat Fitrah

Sumber gambar: indopolitika.com

Di penghujung Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah. Pembayaran zakat fitrah biasanya dilakukan di malam takbir sebelum pelaksanaan salat Idulfitri. Nabi Muhammad SAW mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari perkataan yang sia-sia dan keji serta memberi makan bagi orang miskin.

10. Tadarus

Sumber gambar: fiverr.com

Membaca Al-Qur’an atau tadarus di bulan suci adalah amalan untuk menambah keimanan pada Allah SWT. Pahala membaca Al-Qur’an bukanlah satu kata melainkan huruf per huruf. Jika seorang muslim rutin membaca Al-Qur’an, maka ia akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

BACA JUGA: 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Haid Saat Ramadan, Tetap Berpahala Walau Tak Puasa

Itulah beberapa amalan yang dapat ditunaikan di bulan Ramadan. Dengan amalan tersebut semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita. Semoga kita diberi berkah usia dan kesehatan sehingga bisa mendapatkan keutamaan bulan Ramadan.

Leave your vote

785 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *